Disperindagkop dan UKM Kaltaraprov

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara

POTENSI UNGGULAN KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Provinsi Kalimantan Utara adalah Provinsi ke -34 di Indonesia dan merupakan Provinsi termuda dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Kalimantan Utara terdiri dari 4 (empat) kabupaten dan 1 (satu) kota yaitu :

a. Kabupaten Bulungan

b. Kabupaten Malinau

c. Kabupaten Nunukan

d. Kabupaten Tana Tidung

e. Kota Tarakan


Letak geografis Provinsi Kalimantan Utara memiliki lokasi yang sangat strategis dan menguntungkan, karena daerahnya dilewati oleh jalur pelayaran yang termasuk dalam ketegori Alur Laut Kawasan Indonesia II (ALKI II) yang sering dilewati oleh kapal-kapal yang berayar dari perairan Indonesia ke alur pelayaran Internasional meliputi kaawasan Malaysia, Filipina, Brunei, Singapura dan Negara-negara ASEAN, serta Negara-negara Asia Pasifik seperti Hongkong, China, Korea Selatan dan Jepang. Batas wilayah Kalimantan Utara adalah sebagai berikut :

1. Batas Utara bersebelahan dengan Negara Malaysia bagian Sabah;

2. Batas Selatan berbatasan dengan kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara dan Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur;

3. Batas Timur berbatasan dengan Laut Sulawesi; dan

4. Batas Barat dengan Negara Malaysia bagian Serawak.


Luas Wilayah administratif : +75.467,70 km2 terdiri dari :

• Kabupaten Bulungan : + 13. 925, 72 km2

• Kabupaten Malinau : + 42. 620,70 km2

• Kabupaten Nunukan : + 13. 841, 90 km2

• Kabupaten Tana Tidung : + 4. 828, 58 km2

• Kota Tarakan : + 250,80 km2


Di Provinsi Kalimantan Utara memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan, dimana sektor tersebut memberikan kontribusi yang berarti dalam rangka pemantapan struktur ekonomi wilayah. Berkaitan dengan itu, tujuan yang ingin dicapai adalah bagaimana meningkatkan segenap potensi sumberdaya kelautan dan perikanan, termasuk sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, sarana dan prasarana, kelembagaan dan organisasi, data dan informasi sehingga pendayagunaan sumberdaya yang ada dapat dilakukan secara mandiri dan berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung alam serta pelestarian ekosistem. Ada banyak potensi unggulan hasil kelautan dan perikanan di provinsi Kalimantan Utara diantaranya adalah Udang windu, Kepiting dan rumput laut dimana hasil produksinya sampai dengan tahun 2016 adalah :

1. Rumput laut 500/ton setiap bulannya

2. Udang windu mencapai 10 000 ton per tahun

3. Kepiting mencapai 25.000 ton per tahun

4. Ikan bandeng mencapai 40.000 ton pertahun


Untuk pemasaran saat ini rumput laut sampai ke Surabaya dan Makassar, udang windu skala ekspor sampai wilayah ASIA, EROPA dan AMERIKA oleh UPI UPI skala besar di Provinsi Kalimanta Utara, kepiting ke wilayah ASIA. Dan untuk bandeng kebanyakan diolah menjadi bandeng tanpa duri dan dipasarkan sampai wilayah ASIA.


Hasil Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Utara

Disperindagkop dan UKM Kaltaraprov